Mari Kenali 12 Kelebihan Investasi Emas

Mari Kenali 12 Kelebihan Investasi Emas

Investasi emas sudah lama dikenal dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bentuk investasi ini lebih luas menjangkau berbagai kelas dan golongan masyarakat. Namun, tidak semua orang mengetahui kelebihan emas dari bentuk investasi lain. Dengan mengetahui kelebihan-kelebihannya, Anda akan lebih semangat dalam berinvestasi dan menyiapkan rencana-rencana masa depan.


Baca juga: Mari Mengenal Investasi Emas


Berikut sembilan kelebihan dalam berinvestasi emas yang dapat Anda rasakan langsung.

 

1. Emas disebut investasi menguntungkan karena harga emas tiap tahunnya selalu stabil dan bahkan cenderung akan terus naik. Sudah terbukti sejak 10 tahun terakhir naik lebih dari 250 persen.

 

2. Selain itu, emas tidak terpengaruh inflasi. Dengan nilai harga yang terus naik dan tidak termakan inflasi, wajar jika bentuk investasi ini dapat mempertahankan, bahkan menambah kekayaan Anda.



 

3. Emas adalah logam mulia yang bisa Anda jual kapan saja sesuai kebutuhan dan juga merupakan benda yang nilai belinya selalu stabil.

 

4. Jika sewaktu-waktu harga beli emas menurun, maka harga komoditi lain seperti minyak, beras, gula juga akan ikut turun. Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa khawatir ketika harga emas menurun.

 

5. Jika sewaktu-waktu terjadi krisis ekonomi, Anda akan tetap merasa aman karena investasi emas tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro yang naik, turun, dan bergejolak.

 

6. Nila jual emas ditentukan secara internasional. Artinya, harga emas tidak bergantung pada kebijakan ekonomi, politik, dan birokrat sebuah negara saja. Selama memiliki emas di tangan, Anda tidak perlu khawatir dengan suku bunga, inflasi, dan lain-lain.

 

7. Bukan cuma sebagai investasi, emas juga bisa menjadi koleksi bila berbentuk perhiasan. Ada nilai estetis yang bisa Anda dapatkan dengan koleksi perhiasan emas yang juga sebagai sarana berinvestasi.


Baca juga: Untung Rugi Investasi Emas Saat Rupiah Melemah


8. Sejauh ini, tidak ada investor emas yang merasa kekayaannya berkurang dengan memilih objek investasi ini. Kecuali jika emas yang Anda simpan hilang. Oleh karena itu, Anda perlu memilih tempat penyimpanan yang aman, seperti deposit box.

 

9. Emas adalah instrumen investasi yang mudah ditemukan di mana saja. Mudah dibeli dan mudah pula dijual sewaktu-waktu. Pastikan Anda menyimpan sertifikat emas sehingga proses menjual akan menjadi lebih mudah dan cepat.

 

10. Investasi emas merupakan investasi yang minim risiko karena harga emas dalam jangka panjang konsisten naik. Kenaikan harga emas biasanya berbanding terbalik dengan dolar AS. Jika dolar AS menguat, harga emas dunia biasanya akan cenderung turun. Namun, harga emas di Indonesia berpatok pada harga dunia. Alhasil, harga emas di dalam negeri meningkat akibat pelemahan rupiah.



 

11. Nilai jual emas selalu naik, tetapi nilai investasinya tidak tinggi. Disarankan investasi emas yang Anda lakukan untuk jangka panjang. Semakin lama, semakin besar keuntungan yang bisa Anda rasakan dari emas.

 

12. Anda bisa menjadikan emas sebagai jaminan utang atau kredit, misalnya di Pegadaian. Jika yang digadaikan adalah emas, Anda bisa mendapatkan pinjaman kredit dengan proses cepat dan jumlah yang bersaing. Untuk barang-barang yang lain, proses pengecekannya lebih lama dan nilainya pun tidak selalu bagus.

 

Emas sering disebut sebagai salah satu instrumen investasi yang aman. Dalam kondisi rupiah yang terus melemah terhadap dolar AS, banyak yang meyakini menempatkan investasi emas adalah yang paling tepat. Semoga pertimbangan-pertimbangan tersebut di atas bisa makin memantapkan pilihan Anda dalam memilih berinvestasi dengan logam mulia ini.


Rooslain Wiharyanti
rooslain
Nov. 29, 2018, 3:38 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.