Keuntungan yang Bisa Anda Peroleh dari Investasi Apartemen

Keuntungan yang Bisa Anda Peroleh dari Investasi Apartemen

Properti sejak lama dianggap sebagai salah satu instrumen investasi menjanjikan jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti saham ataupun deposito. Khususnya investasi apartemen yang kini cukup banyak dilirik investor. Tidak ada salahnya memang untuk investasi apartemen, tetapi ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memulainya.

 

Apartemen merupakan tipe properti yang sedang diminati di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Dibandingkan dengan rumah, terkadang harganya memang lebih mahal, tetapi lokasinya lebih strategis.

 

Meskipun luasnya sedikit lebih kecil dari rumah pada umumnya, lokasi yang strategis dan fasilitas yang lengkap menjadi daya tarik dan nilai tersendiri untuk para pemilik apartemen. Apalagi sekarang dengan mudahnya apartemen disewakan kepada pihak lain dengan harga yang cukup tinggi, inilah yang membuat apartemen laris manis diminati banyak orang.


Baca juga: Pilih Rumah Baru atau Rumah Bekas?


Selain memiliki kelebihan, Anda juga harus mengetahui kekurangan dari hunian apartemen. Fasilitas yang ditawarkan apartemen boleh dikatakan lengkap dan baik, namun biaya perawatan apartemen pun juga jauh lebih mahal daripada biaya perawatan rumah, demikian juga biaya listrik dan airnya. Selain itu, jika diagunkan ke bank, nilai traksasinya juga lebih rendah daripada rumah.



 

Platform pencarian properti Lamudi menyebut investasi jenis properti ini lebih berpotensi menguntungkan karena minat untuk membeli apartemen terus meningkat seiring dengan menggilanya harga rumah tapak. Berikut ini adalah empat keuntungan investasi apartemen menurut Lamudi:

 

1. Tinggal di Apartemen Jadi Tren

Saat ini, tinggal di apartemen sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Hal ini disebabkan karena banyaknya fasilitas yang ditawarkan di sebuah apartemen. Apalagi saat ini banyak apartemen yang dibangun di pusat kota ataupun pusat bisnis, sehingga dapat memudahkan bagi para profesional muda untuk beraktivitas.

 

2. Harga Jual Terus Naik

Perkembangan harga jual apartemen juga terbilang cukup baik. Rata-rata kenaikannya bisa mencapai 5-10 persen per tahun. Contohnya, apartemen Meikarta saat di-launching tahun 2017 lalu harga jualnya Rp127 juta. Dalam waktu satu tahun sudah mencapai Rp340 juta. Contoh lainnya, yaitu Vasanta Innopark yang saat di-launching tahun 2017 harganya Rp270 juta. Pada Agustus 2018 setiap unitnya telah mencapai Rp318 juta.


Baca juga: Simulasi Sederhana Hitungan Suku Bunga KPR Flat dan Floating


3. Harga Sewa Lebih Tinggi

Oleh karena dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan lokasi yang strategis, harga sewa apartemen biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan sewa rumah. Hal ini sangat menguntungkan untuk para investor yang ingin mencari keuntungan dengan cara menyewa.

 

4. Akan Jadi Hunian Favorit

Apartemen diperkirakan akan menjadi hunian favorit masyarakat perkotaan karena lahan perkotaan semakin lama semakin berkurang. Diprediksikan ke depannya hunian vertikal akan menjadi tempat tinggal favorit terutama bagi masyarakat perkotaan.   



 

Memang pertimbangan yang kerap membuat investasi apartemen menarik adalah penghasilan yang didapatkan melalui uang sewa. Bila Anda tidak berniat menempati apartemen itu, Anda dapat menyewakannya, baik dalam kondisi kosong (unfurnished) ataupun terisi lengkap (furnished).


Uang sewa biasanya Anda terima langsung secara tahunan. Apartemen yang cukup baik dari segi lokasi, kualitas bangunan dan penyediaan fasilitas dapat memberikan rental income di kisaran 7-9 persen per tahun. Jadi, makin tertarik untuk investasi apartemen?


Rooslain Wiharyanti
rooslain
Nov. 29, 2018, 2:38 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.