Investasi Apa yang Aman untuk Pemula?

Investasi Apa yang Aman untuk Pemula?

Investasi merupakan tindakan di mana seseorang atau perusahaan mengeluarkan sejumlah dana untuk disimpan sebagai suatu bentuk dengan harapan suatu saat akan mendapatkan keuntungan secara finansial. Bentuk yang kerap kali dijadikan bentuk investasi bisa jadi investasi dalam bentuk kepemilikan saham perusahaan, investasi tanah, maupun investasi emas. Mulai dari yang bisa menghasilkan dalam waktu singkat hingga dalam jangka waktu yang panjang.

Berdasarkan sumber yang dirangkum dari kompas.com dan okezone.com, pahami dulu pengertian investasi. Pada dasarnya investasi penting dilakukan karena memberikan keuntungan yang lebih baik dari cara konvensional seperti menabung. Anda tidak bisa menampik bahwa setiap tahun inflasi di negara kita cukup membuat khawatir apalagi inflasi biaya pendidikan. Di sini peran investasi yang bisa membuat beban Anda cukup ringan di masa mendatang.

Baca juga: Jenis-jenis Pendapatan Pasif yang Bisa Anda Pertimbangkan

Investasi banyak dipilih dikarenakan adanya inflasi, dalam setahunnya dapat mencapai kisaran 6 persen. Hal ini jelas menguntungkan karena pada tabungan saja, hanya didapat 3-4 persen bunga dalam setahunnya. Namun, meskipun ke depannya keuntungan yang didapat cukup menguntungkan, tetapi menjalankan investasi juga dapat merugikan. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang cukup agar investasi yang dijalankan menghasilkan keuntungan sesuai yang diharapkan.


Berbicara mengenai instrumen investasi yang minim risiko dan besar hasilnya, hal ini bisa dibilang antara ada dan tiada. Hukum high risk, high gain (tinggi risiko, tinggi potensi keuntungan) masih terus berlaku. Ketika sebuah investasi memiliki potensi keuntungan besar maka tinggi risikonya juga akan berjalan berdampingan.

Selain itu, investasi yang memiliki keuntungan besar dengan risiko kecil dalam waktu yang sempit selama ini belum bisa ditemukan. Namun, ketika rentang waktunya lebih panjang, risiko bisa berkurang dan keuntungannya bisa menarik.

Baca juga: Apa Saja Kesalahan Investasi bagi Pemula?

Apa pun investasi yang menarik dan Anda pikir potensial untuk mendatangkan keuntungan, sebaiknya pelajari instrumennya dengan seksama agar aman dan menghasilkan untung besar. Tidak perlu takut walaupun Anda pemula. Berikut tips jitu untuk memilih investasi terbaik dan aman bagi pemula yang dirangkum dari danaxtra.com.

Pahami Tujuan Investasi

Sebagai langkah awal, tentu Anda harus memilah-milah investasi yang dirasa cocok. Meski setiap instrumen memiliki risiko tersendiri, Anda tidak perlu takut atau pun ragu dalam mengucurkan dana untuk investasi.

Sebelum itu, pahami beberapa hal ini sebelum mulai mengucurkan dana. Pertama, apa tujuan Anda berinvestasi karena pada dasarnya investasi itu hanya alat untuk mencapai tujuan tersebut. Kedua, kapan target pencapaian tujuan tersebut. Ketiga, untuk apa investasi tersebut akan digunakan.

Amati Siklus Investasi

Setelah menentukan tujuan, Anda harus mengetahui dan memperhatikan siklus dari setiap instrumen investasi yang sedang berlangsung. Pemahaman ini penting untuk menentukan kapan Anda bisa mulai masuk. Untuk memilih investasi terbaik, bisa dilihat dari siklusnya yang siap menanjak.

Dengan mengamati siklus instrumen investasi, Anda tidak akan salah langkah dalam mengalirkan dana investasi. Memilih siklus yang tepat akan membuat uang ada ‘berkembang-biak’ lebih cepat. Sebaliknya, jika salah langkah, maka sangat mungkin kelak Anda mengalami kerugian.

Pilih Instrumen Terbaik

Setelah memperhatikan siklus dari setiap instrumen, Anda juga harus menyesuaikan instrumen investasi sesuai dengan kapasitas kemampuan. Dengan kata lain, alangkah baiknya jika memilih instrumen investasi yang dikuasai. Namun, akan lebih baik lagi jika instrumen tersebut Anda sukai. Dengan begitu, Anda akan menikmati prosesnya.

Investasi Kurang dari Rp10 Juta

Jika modal yang Anda miliki kurang dari Rp10 juta, maka ada beberapa pilihan untuk Anda mulai berinvestasi, antara lain deposito, reksadana, pasar modal, dan logam mulia. Untuk pemula, investasi reksa dana terbilang aman karena dana investasi akan dikelola oleh Manajer Investasi yang sudah berpengalaman. Namun, Anda juga dapat membeli saham di pasar modal dan terjun langsung untuk berinvestasi di perusahaan yang diinginkan. Anda juga bisa memilih investasi emas dengan membeli saat murah dan menjual saat tinggi.

Perhatikan Risiko dan Keuntungan

Perlu Anda pahami bahwa setiap investasi pasti memiliki risiko dan keuntungan tersendiri. Investasi yang memberikan keuntungan tinggi, tentunya memiliki risiko yang tinggi pula. Begitu juga sebaliknya, investasi yang memberikan keuntungan rendah, risiko yang dihadapi pun juga terbilang rendah. Oleh karena itu, jika Anda ditawari untuk berinvestasi dengan keuntungan tinggi tapi risikonya rendah, Anda harus jeli dan hati-hati.

Baca juga: Trik Menguntungkan Investasi Emas bagi Pemula


Investasi untuk Jangka Panjang

Tips berikutnya adalah dengan menahan investasi untuk kurun waktu yang panjang. Mengapa? Investasi jangka panjang ini berguna untuk menepis volatilitas dan mengurangi risiko kerugian. Kebanyakan investor terlalu dini melepas seluruh investasinya ketika pasar jatuh, padahal bisa jadi pasar jatuh hanyalah bagian dari siklus yang kelak akan menguat kembali. Kecuali jika siklus intrumen sudah hampir mendekati puncak.

Ketahui Puncak Siklus Sebelum Jatuh

Agar tidak terlalu cepat melepas investasi saat pasar jatuh, Anda harus mempelajari dan mengetahui kapan sebuah investasi akan mencapai puncak sebelum akhirnya kembali menurun. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengetahuinya dengan melihat ciri-cirinya. Antara lain jika keuntungan yang Anda peroleh mendadak lebih tinggi dari biasanya, maka sebentar lagi investasi tersebut akan mencapai puncaknya.

Sebagai investor pemula, yang penting pahami dan hati-hati. Buka lebar wawasan Anda,  tidak perlu malu bertanya tentang investasi terbaik kepada investor yang sudah berpengalaman. Selamat berinvestasi!


Rooslain Wiharyanti
rooslain
Nov. 29, 2018, 4:48 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.