Di Mana Sebaiknya Membeli Reksa Dana?

Di Mana Sebaiknya Membeli Reksa Dana?

Reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup menggiurkan. Dilihat dari sisi keuntungan, reksa dana bisa memberi keuntungan hingga 7 persen per tahun. Namun, ada banyak orang awam yang belum tahu di mana sebaiknya membeli investasi reksa dana tersebut.

Investasi reksa dana bisa diperoleh dengan sangat mudah. Saat ini sudah banyak pihak perbankan yang menawarkan pengelolaan reksa dana. Selain bank, ada pula lembaga keuangan seperti manajer investasi atau perusahaan manajemen aset. Bisa juga membeli dana reksa melalui agen penjualan yang bersertifikasi dan memiliki izin agen atau Wakil Penjual Reksadana (APERD/WAPERD) dari OJK.

Baca juga: Mengenal Jenis Reksa Dana dan Karakteristiknya

Bahkan, saat ini dengan kemajuan e-commerce atau financial technology (fintech), pembelian reksa dana sudah semakin mudah. Sebagai contoh adalah Tokopedia yang menawarkan Tokopedia Reksa Dana Pasar Uang dan Bukalapak melalui layanan BukaReksa. Di platform marketplace ini, pembeli reksa dana bisa memanfaatkan investasi reksa dana untuk memperkirakan keuntungan yang bisa didapatkan di masa depan.


Menurut Indonesia Stock Exchange (IDX), secara umum, reksa dana diartikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Dengan reksa dana diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Reksa dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi. Reksa dana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.

Kelebihan Manajer Investasi dan Perbankan

Jika ingin berinvestasi reksa dana, Anda bisa membeli investasi reksa dana melalui jasa manajer investasi. Menurut laman sam.co.id, salah satu keuntungannya adalah biasanya jumlah investasi yang lebih terjangkau dan biaya yang lebih murah. Beberapa manajer investasi menawarkan produk reksa dana dengan minimal pembelian sebesar Rp100 ribu-Rp250 ribu. Syaratnya, pembelian produk reksa dana melalui manajer investasi terbatas karena hanya menjual reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi tersebut.

Baca juga: Kenali Risiko dan Keuntungannya Sebelum Investasi Reksa Dana

Namun, Anda juga dapat membeli reksa dana melalui bank yang memiliki izin sebagai Agen Penjual Reksa dana (APERD). Kelebihan membeli reksa dana melalui bank penjual, selain pilihan produk yang lebih banyak, Anda juga dapat membeli produk reksa dana dari manajer investasi yang berbeda, ditambah adanya fasilitas auto debit yang mempermudah transaksi pembelian reksa dana. Di sisi lain, beberapa reksa dana yang menjadi produk favorit atau unggulan mungkin tidak dijual di bank karena tidak ada kerja sama penjualan antara manajer investasi dengan bank tersebut.