Begini Cara Mengatur Keuangan untuk Wanita Single

Begini Cara Mengatur Keuangan untuk Wanita Single

Bukan hal yang aneh lagi jika saat ini semakin banyak wanita yang memiliki karier sangat baik. Bahkan tidak sedikit pula yang menunda menikah dan membangun keluarga demi mengejar karier dan kesempatan untuk bersenang-senang. Terlebih lagi untuk wanita single, kesempatan ini tentu akan digunakan sebaik mungkin untuk membangun karier mereka.

Sayangnya, banyak wanita single yang lantas terjebak gaya hidup “gaji numpang lewat” untuk memuaskan hasrat belanja dan bersosialisasi mereka. Keinginan untuk menyenangkan diri sendiri terkadang menjadi masalah dalam mengontrol keuangan mereka. Terlebih lagi wanita sangat lemah dengan hal yang berkaitan dengan diskon atau promo.

Hal ini lantas menyebabkan wanita single lupa untuk menyisihkan sebagian uang untuk perencanaan masa depan. Padahal, wanita pun harus mampu melakukan perencanaan keuangan untuk masa depan, dan tidak hanya mengandalkan kemungkinan memiliki suami yang akan memenuhi semua kebutuhan mereka nantinya. Bagaimana caranya, simak beberapa tips berikut yang dikutip dari beberapa sumber.


1. Mengatur keuangan bulanan

Sangat penting untuk mengatur keuangan bulanan. Bagi wanita single, menurut Kompas Ekonomi, tentu ini menjadi pekerjaan yang cukup berat karena harus memeriksa dan mengatur pengeluaran bulanannya. Jika Anda memiliki hutang, prioritaskan untuk melunasi hutang terlebih dahulu mulai dari yang memiliki bunga paling tinggi. Jika pemasukan Anda sama dengan pengeluaran atau malah lebih kecil, teliti lagi di bagian mana Anda bisa lebih berhemat.


Baca Juga: Tidak Selamanya Kartu Kredit Jahat



2. Menahan diri untuk tidak berbelanja

Majalahkartini.co.id menyarankan untuk menghindari melihat-lihat toko online maupun fisik. Sifat wanita yang tidak bisa menahan diri saat melihat barang diskon atau cash back bisa membuat lupa diet ketat keuangan. Lebih baik menabung uang tersebut untuk hal-hal yang lebih berguna atau sebagai tabungan masa depan Anda.


3. Siapkan dana darurat atau tabungan

Tidak ada yang akan tahu bagaimana hidup Anda ke depannya. Untuk itu, siapkan dana darurat yang nilainya 6 kali pengeluaran bulanan Anda sebagai persediaan jika saat-saat tersebut tiba. Pilih tabungan yang memiliki bunga tinggi dan simpan kartu ATM-nya di tempat tersembunyi sehingga akan mengurangi godaan untuk mempergunakannya.


4. Investasi

Di kala Anda masih single yang sudah memiliki penghasilan bulanan adalah kesempatan yang paling tepat untuk melakukan investasi untuk masa depan. Cobalah untuk menginvestasikan uang Anda ke beberapa produk asuransi dan tabungan seperti, deposito, reksa dana, saham, emas, atau properti. Lebih baik lagi jika sisihkan dana Anda bisa dipakai untuk membangun sebuah bisnis. Putarkan uang yang Anda punya sehingga uang akan tetap utuh, atau bahkan bisa jadi jauh lebih banyak di kemudian hari, ketika Anda benar-benar membutuhkan uang tersebut.

5. Dana pensiun

Meskipun masa pensiun terlihat masih jauh ke depan, Anda harus mulai memikirkannya dari sekarang. Seperti dikutip dari Ne-Hand, mencapai keamanan finansial bukan hanya sekadar memenuhi tujuan jangka pendek, namun juga mengamankan kehidupan jangka panjang Anda. Meskipun nantinya Anda akan menikah, Anda harus tetap memastikan bahwa masa depan Anda akan aman karena secara statistik wanita hidup lebih lama dibanding laki-laki.

6. Siapkan dana pernikahan

Meskipun Anda seorang wanita, bukan berarti tidak ada keseriusan dalam menyiapkan dana pernikahan. Sisihkan dana pribadi untuk kepentingan pernikahan. Jika perlu, bicarakan dengan pasangan Anda mengenai hal tersebut. Diskusikan pula gaya hidup dan tujuan jangka panjang setelah menikah untuk mengetahui tatanan hidup berkeluarga di masa datang.


Baca Juga: Belanja Lebih Hemat Dengan Berburu Diskon


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 29, 2018, 5:58 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.