Apa Keuntungan dan Kerugian Deposito?

Apa Keuntungan dan Kerugian Deposito?

Deposito menjadi salah satu produk simpanan yang cukup menarik. Bagi pemula, deposito bisa menjadi cara untuk melipatgandakan uang yang dimiliki. Deposito secara sederhana diartikan sebagai produk seumpanan bank yang transaksinya, baik setoran maupun penarikan, hanya bisa dilakukan pada jangka waktu tertentu. Memiliki sifat yang “mudah diurus” dan minim risiko, membuat deposito menjadi salah satu pilihan simpanan yang paling aman.

Ada banyak pilihan dari produk deposito ini. Ada deposito berjangka, deposito on call (deposito yang hanya memiliki jangka waktu pendek), dan sertifikat deposito yang berjangka satu tahun atau kurang dari itu. Namun sebelum memilih jenis deposito, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai untung dan rugi dari deposito.

Laman Cermati menerangkan sedikitnya ada empat hal yang membuat deposito menguntungkan. Pertama, deposito bisa menjadi sarana simpanan yang baik. Dikatakan demikian karena deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, dengan menggunakan deposito berjangka maka nilai pokok dari uang yang simpan juga dapat terjaga.

Kedua, suku bunga deposito relatif tinggi. Suku bunga deposito lebih tinggi daripada jenis tabungan yang biasa. Nasabah yang mendepositkan tabungannya juga bisa mengharapkan imbal hasil yang lebih baik dibandingkan dengan menyimpan uang dalam rekening tabungan. Ketiga adalah bunga yang mudah diakses.

Memang deposito tidak memperbolehkan pemiliknya untuk mengakses uangnya setiap saat, tetapi beberapa bank di Indonesia memberikan kemudahan bagi para nasabahnya untuk mengambil bunga deposito atau mentransfer ke rekening yang dikehendaki. Dengan demikian, nasabah masih bisa menerima pendapatan rutin dalam bentuk pembayaran bunga pada interval waktu tertentu.

Terakhir adalah risiko kerugian kecil dari deposito. Poin ini masih terkait dengan poin pertama. Jadi, apabila bank tempat nasabah menyimpan uang mengalami kebangkrutan, maka LPS akan menjamin dana setiap nasabah hingga Rp2 milyar dengan suku bunga maksimal 7,5 persen di setiap bank, dengan catatan bank yang Anda gunakan terdaftar dalam LPS.


Meskipun memiliki banyak keuntungan, tidak bisa dipungkiri jika masih terdapat sedikit kelemahan dari deposito berjangka ini. Beriku beberapa di antaranya:

1.Hasil imbalan yang rendah

Seperti dilansir dari Koinworks, memang deposito adalah produk simpanan yang paling aman. Namun hasil imbalan yang diberikan dari deposito ini lebih rendah atau bisa dikatakan paling rendah dari semua bentuk investasi baik saham maupun obligasi.

2.Lemah terhadap inflasi

Suku bunga deposito memang tinggi, tetapi terkadang tidak sebanding dengan kadar inflasi jika terjadi inflasi yang tinggi. Selain itu, berdasarkan peraturan Dirjen Pajak, bunga deposito pun akan dikenai pajak sebesar 20 persen untuk nilai tabungan di atas Rp7,5 juta.

3.Nilai yang tidak bisa bertambah

Maksudnya tidak ada cara yang bisa dilakukan nasabah untuk meningkatkan nilai simpanannya. Hal tersebut dikarenakan oleh tidak adanya kesempatan bagi nasabah pemilik deposito untuk terlibat langsung dalam pengelolaanya.

4.Tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu

Tidak seperti tabungan yang bisa diakses dan ditarik kapan pun oleh nasabahnya. Dana deposito tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu karena deposito tidak memiliki likuiditas. Kalaupun terpaksa harus mencairkan sebelum tenggat waktu yang disepakati, Anda akan dikenai penalti.

Deposito sangat cocok untuk orang-orang yang tidak menyukai risiko besar dan ingin menginvestasikan uangnya. Dengan mendepositokan uang, pemilik deposito juga bisa lebih menahan diri untuk tidak boros dalam membeli barang yang diinginkan.

Untuk memilih bank yang tepat, pertimbangkan untuk melihat suku bunga, bandingkan bunga di bank satu dan bank lainnya, mana yang menawarkan bunga lebih tinggi. Namun jangan pula jatuh dalam iming-iming bunga yang tinggi saja, perhatikan pula reputasi bank.



Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 29, 2018, 10:05 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.