7 Cara Cerdas Mengubah Kartu Kredit Menjadi “Teman”

7 Cara Cerdas Mengubah Kartu Kredit Menjadi “Teman”

Sebagai pengganti uang tunai, kartu kredit menawarkan berbagai kemudahan untuk memenuhi segala kebutuhan. Apapun bisa didapatkan dan dilakukan hanya dengan menggesek kartu kredit. Namun, tidak sedikit orang akhirnya terjebak dalam aneka ragam kemudahan tersebut. Tanpa disadari, penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol memberi dampak buruk pada kehidupan finansial.

Maka tidak mengherankan, jika ada anggapan kartu kredit sebagai “kartu setan”. Faktanya, sangat banyak orang yang pada akhirnya harus berurusan dengan debt collector karena ketidakmampuan membayar cicilan utang kartu kredit. Hal penting yang harus disadari, kartu kredit adalah pinjaman dari bank yang harus dilunasi dengan cicilan beserta bunganya.

Baca Juga: Ini Rumus Menggunakan Kartu Kredit yang Tepat

Namun selain sisi negatif, alat pembayaran non-tunai ini juga tentunya punya sisi baik. Dengan catatan, kartu kredit digunakan secara bijak. Kartu kredit bisa menjadi penolong di saat darurat, atau ketika keuangan mengalami kesulitan. Penggunaan kartu kredit sebagai dana darurat adalah hal sah-sah saja untuk dilakukan, asalkan tindakan ini dibarengi dengan perhitungan dan kemampuan untuk membayar cicilan serta bunganya.

Pengguna kartu kredit juga perlu memahami bagaimana ketentuan dan aturan dari kartu kredit tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan salah menggunakan dan mengakibatkan menumpuknya utang. Bank Indonesia melalui website resminya, www.bi.go.id memberikan anjuran agar sebelum mengajukan aplikasi pembukaan kartu kredit, pengguna harus memikirkan terlebih dahulu mengenai kebutuhan dan bagaimana akan membayar tagihan kartu kredit.


Terpenting adalah jangan pernah menggunakan kartu kredit untuk melunasi utang, karena Anda terikat dengan bunga dan biaya lainnya yang jumlahnya akan lebih membebani dalam jangka waktu panjang. Lalu, apa yang harus dilakukan agar kartu kredit bisa menjadi “teman”? Ada 7 cara cerdas agar bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak. Berikut ulasannya:

1.  Pantau pengeluaran Anda

Godaan terbesar kartu kredit adalah banyak kemudahan yang ditawarkan saat melakukan transaksi. Hal inilah yang harus disikapi secara hati-hati. Anda bisa saja terjebak dalam utang kartu kredit yang sulit untuk dilunasi. Jalan keluarnya adalah pantau pengeluaran dengan kemampuan pembayaran Anda, serta selalu melakukan pengecekan tagihan kartu kredit setiap bulan.

2. Bayarlah kartu kredit tepat waktu

Ketika memperoleh tagihan kartu kredit, periksalah kembali tanggal jatuh tempo dan pastikan membayar secara tepat waktu. Hal ini akan menghindarkan Anda dari biaya keterlambatan (late charge fee) dan bunga.