3 Pilihan Penting Merencanakan Keuangan Pribadi

3 Pilihan Penting Merencanakan Keuangan Pribadi

Setiap orang pasti ingin sukses dalam hidup dan pekerjaan. Setelah sampai pada tahap bekerja dan mendapat penghasilan bulanan, langkah yang harus ditempuh adalah mengatur atau merencanakan keuangan pribadi untuk masa depan. 

Jika diperhatikan, masih sedikit orang yang sadar akan perencanaan keuangan. Padahal melakukan rencana keuangan bermanfaat untuk hidup yang lebih baik. Terutama yang berkaitan dengan keberlanjutan dan kesejahteraan di masa mendatang. 

Memang tidak banyak orang mengatakan, “uang tidak bisa membeli kebahagiaan.” Ada benarnya, namun bagaimana ingin bahagia di masa depan kalau tidak memiliki uang? Atas dasar pemikiran itu, penting kiranya untuk menyiapkan sedari dini merencanakan pengelolaan keuangan pribadi. 

Dengan rencana keuangan pribadi, penghasilan yang didapat setiap bulan bukan hanya sekadar “numpang” lewat di rekening. Namun juga berguna bagi kehidupan Anda di masa depan. Untuk itu perlu ada langkah-langkah cerdas dalam mengelola keuangan pribadi dan manajemen aset.

Rencana Investasi

Laman Aberdeen Asset menjelaskan investasi digunakan untuk mencapai tujuan jangka panjang, minimal di atas satu tahun. Tentu saja dengan harapan hasilnya lebih tinggi dibandingkan inflasi. Sementara jangka pendeknya adalah tabungan atau dana cadangan darurat.

Agar keuangan Anda tetap aman, sebelum mulai berinvestasi, siapkan dana cadangan yang besarnya enam kali dari pengeluaran setiap bulan. Pilihan cara investasi yang sesuai dengan kemampuan, pahami terlebih dulu profil risiko dan kebutuhan jangka panjang atau menengah yang ingin Anda targetkan.

Jika Anda bukan orang yang senang mengambil risiko besar, Anda bisa memilih investasi properti, emas, atau reksa dana pasar uang dan pendapatan. Sementara bagi Anda yang tidak keberatan dengan risiko, investasi saham, reksa dana pasar saham dan campuran bisa menjadi instrumen investasi pilihan.