Kontributor 728x90

Uang Pertanggungan Ideal Untuk Keluarga Muda Menengah

Uang Pertanggungan adalah paper asset atau aset berbentuk polis yang akan benar-benar menjadi aset riil, saat seorang tertanggung yang dilindungi dalam sebuah polis asuransi jiwa mengalami resiko meninggal.

Di sekitar saya saat ini, mayoritas sudah menikah dengan satu atau dua orang anak. Kalau ditanya, berapa rata-rata kebutuhan hidup berkeluarga di Jakarta, dengan gaya hidup menengah (dengan seabrek cicilan di dalamnya tanpa KJP dan KJS), berdasarkan hasil diskusi dengan kebanyakan klien saya dengan kondisi baru menikah dengan usia pernikahan 1-5 tahun, rata-rata saya simpulkan membutuhkan sekitar IDR 20.000.000 per bulan.

Angka itu didapat dari beberapa hal :
1. Cicilan rumah 4jt
2. Cicilan mobil 4jt
3. Biaya sekolah swasta termasuk kebutuhan sampingannya - jajan transportasi(1-2jt)
4. Ongkos untuk "sedikit" punya Quality Time - tidak dipungkiri untuk punya waktu yang berkualitas bersama orang-orang yang diinginkan, akan membutuhkan dana juga yang mungkin sekitar 1jt s.d 2jt sebulan.
5. Jika memutuskan untuk memiliki asisten rumah tangga, maka butuh lagi sekitar 2-3jt sebulan.
6. Biaya hidup - sandang pangan papan, seperti iuran listrik, air, komunikasi (telepon, pulsa, internet) - bisa mencapai 3-5jt sebulan.
7. Pos untuk amal, zakat, persepuluhan yang besarnya variatif tergantung pada iman dan kepercayaan masing-masing. Variannya antara 2.5% s.d 10%.

Nah, angka tersebut di atas mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang biasa, namun bagi sebagian orang lain, bisa jadi deretan angka tersebut di atas bisa menjadi sebuah hal yang menakutkan jika tidak dipersiapkan dengan baik.

Rincian angka di atas masih belum saya cantumkan poin ke 8 untuk yang namanya Ongkos Tenang atau kita sebut sebagai premi asuransi. Ada yang menyisihkan dengan cara menabung dengan harapan jika terjadi resiko, maka tabungannya akan cukup dan mampu melindungi dirinya dari resiko tersebut. Ada juga yang sekedar langsung berinvestasi dengan harapan kenaikan dari investasi tersebut juga mampu melindungi nilai ekonomi dirinya dari kemungkinan resiko yang bsia terjadi.

Berapa sih idealnya nilai Uang Pertanggungan untuk keluarga muda di tingkat gaya hidup menengah seperti yang saya jabarkan di atas ? 

Jika mengacu pada suku bunga bank yang (diharapkan) sebesar 6%, maka idealnya UP yang wajib dimiliki si Pencari Nafkah tadi adalah Rp. 4.000.000.000,- Angka ini didapat dari 240jt (pengeluaran perbulan yang disetahunkan), dikali dengan 100/6 (suku bunga bank).

Tujuan akhirnya adalah agar bila UP 4M tadi harus dicairkan, maka si penerima manfaat bisa mendepositokan dana tadi ke bank yang memberi bunga 6%. Dan bunganya adalah senilai Rp 240.000.000, yang bila dibagi perbulan menghasilkan Rp. 20.000.000.

Tulisan ini tidak dibuat untuk menakut-nakuti para pembaca yang masih jomblo saat ini untuk menikah suatu saat nanti, melainkan untuk memberi gambaran bahwa masa depan membutuhkan dana. Kita wajib terus belajar tentang literasi keuangan, agar pemuda Indonesia di masa depan, paham betul bagaimana cara mengatur agar uang bisa bertumbuh dengan baik dan bahkan melebih tingkat pengembalian bank yang makin lama pasti akan makin mengecil.

Similar articles

Comments