Kontributor 728x90

Fakta Investasi Emas

Emas merupakan salah satu investasi pertama dalam sejarah Manusia. Batu mulia ini telah merepresentasikan jumlah kekayaan seseorang. Salah satu alasan orang memilh emas karena sifatnya yang abadi dan diakui harganya dari masa ke masa.

Hingga saat ini pun, emas masih digemari banyak orang untuk berinvestasi karena dianggap memiliki kelebihan dibandingkan investasi yang lain. Beberapa contohnya karena emas tahan akan inflasi. 

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa terdapat beberapa fakta tentang emas yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut ini adalah beberapa contohnya yang mungkin dapat kamu jadikan referensi untuk berinvestasi emas ke depannya.

1. Harga Emas Berfluktuatif

Kebanyakan orang berpikir bahwa investasi emas cenderung stabil dan terus meningkat setiap tahunnya. Pada kenyataannya, investasi emas juga mengalami naik-turun sama halnya dengan harga saham. 

Saat membeli emas, kamu juga perlu memperkirakan waktu yang tepat untuk menjualnya kembali. Sebisa mungkin kamu perlu tahu kapan harga jual emas lebih tinggi dibandingkan saat Kamu membelinya. Oleh karena itu, emas disebut sebagai investasi jangka panjang. Kamu harus bersabar untuk menanti harga jual yang kamu nantikan jika berniat untuk benar-benar menjualnya kembali.

Untuk itu, alangkah lebih baik jika Kamu meningkatkan kualitas investasi dengan membeli emas 24 karat, dengan kemurnian 99,99%. Akan lebih baik lagi jika emas kamu memiliki sertifikat. Kamu dapat membeli emas yang terpercaya, misalnya di Antam. Selain lebih berharga, emas tersebut juga lebih mudah untuk dijual kembali.

2. Cara Menyimpan Emas Berbeda Dengan yang Lain

Saat membeli emas, kamu akan mendapatkan bentuk fisik dari emas itu sendiri. Untuk itu, Kamu perlu memperhatikan tempat kamu menyimpannya. Emas memiliki sifat yang dapat dijual kapan pun, tidak perlu menunggu konfirmasi dari pemilik sebelumnya. Oleh karena itu, emas menjadi barang yang rentan untuk hilang atau tercuri jika pemiliknya lalai dalam penyimpanan.

Kamu dapat menyimpan emas di tempat yang dapat kamu percayakan sepenuhnya, misalkan menggunakan safe deposit box yang tersedia di bank atau pegadaian. Biaya penyimpanannya pun beragam tergantung jumlah emas yang Kamu punya. Untuk ukuran kecilnya, kamu perlu menyiapkan dana mulai dari Rp700.000-an. Harga tersebut merupakan sewa per tahun termasuk dengan jaminan kunci.

3. Ada Perbedaan Volume Pembelian Emas

Terdapat kelebihan dan kekurangan saat kamu memilih untuk membeli emas dalam volume besar atau kecil. Kita tahu bahwa harga tiap gram emas akan lebih murah apabila kamu membeli emas dalam jumlah gram yang besar. Namun, untuk itu kamu juga perlu menyiapkan modal yang besar. Mungkin untuk itu, kamu perlu untuk mengumpulkan dana beberapa bulan.

Hal tersebut berbeda jika kamu membeli emas dengan jumlah gram kecil, misalnya 1 gram setiap bulannya. Meskipun kamu akan dikenakan harga yang lebih mahal untuk pembelian setiap gramnya, kamu dapat menjualnya lebih cepat dibandingkan dengan emas berukuran gram yang lebih besar, misalnya 100 gram. Hal itu karena permintaan emas batangan yang besar tidak sebesar emas berukuran kecil.


Similar articles

Comments

No comment found.