Kontributor 728x90

Strategi Jitu Bebas Finansial

Ingin Bebas finansial? Setiap orang pasti ingin bebas finansial dan dapat mencapai sesuatu yang diinginkan tanpa harus terbatas oleh materi dan waktu. Agar kamu dapat bebas finansial, kamu perlu mengubah kebiasaan yang sedang kamu lakukan sekarang untuk menjadi apa yang kamu inginkan secara finansial. 

Bebas secara finansial merupakan proses untuk berkembang, kuat secara emosional dan spiritual. Untuk menjadi sukses sesuai ukuran kamu dan bahagia. Dengan kata lain, financial freedom tidak sekadar memiliki harta dan aset yang banyak.

Mulai saat ini kamu perlu menetapkan tujuan keuangan, lalu berusahalah mencapainya. Apa pun tujuan finansialmu coba strategi jitu ini:

1. Takarlah pengeluaran 
Bagi kamu yang baru mulai ingin memiliki dana dalam jumlah tertentu, catatlah setiap pengeluaranmu dalam satu bulan, mau itu sewa rumah, makanan, listrik, sampai bayar parkir juga dicatat. Lalu, bandingkan dengan pemasukan yang kamu dapat. Hal yang bisa kamu lakukan ialah kamu tidak takut untuk pindah ke area dengan biaya hidup lebih rendah. Misalnya lebih memilih membawa makan siang dari rumah daripada makan siang di food court Mall. 

2. Bayarlah untuk masa depan di awal 
Salah satu langkah penting yang harus dilakukan untuk bebas finansial ialah menabung dan berinvestasi. Sayangnya, sering kali rencana ini pupus karena tidak ada sisa dari penghasilan bulanan kamu. Padahal, tabungan dan investasi adalah cara untuk meraih bebas finansial untuk saat ini dan kebutuhan masa depan. Sebab itu, bayarlah untuk masa depan kamu di awal sehingga kamu tidak mendapatkan kesusahan pada akhir bulan. Akan lebih gampang untuk menabung kalau kamu langsung menyisihkan uang sesaat setelah menerima gaji. Nilainya minimal 30 persen dari penghasilan. Dana ini termasuk untuk tabungan, investasi maupun dana darurat serta pisahkan setiap dana pada rekening yang berbeda agar tidak tercampur.

Similar articles

Comments