Kontributor 728x90

Beli Mobil Dengan Gaji 3 Juta? Baca Ini Dulu

Memiliki sebuah kendaraan merupakan impian banyak orang, termasuk kendaraan roda empat yang saat ini merupakan sebuah kebutuhan primer. Hal ini dikarenakan paradigma naik kendaraan umum yang tidak nyaman dan aman di beberapa daerah. Lalu bagaimana jika keinginan untuk membeli mobil tinggi namun penghasilan dapat dibilang ngepas? 

Berikut ini beberapa pertimbangan yang dapat kamu ambil, jika gaji berkisar Rp 3 juta-an perbulan sebelum mengambil cicilan mobil.

1. Tenor panjang
Promo cicilan murah yang diberikan para produsen mobil bukannya tak beralasan. Salah satu faktor yang mendukung penawaran tersebut adalah tenor yang cukup panjang. Tentu saja harus tenor yang panjang untuk cicilan dan DP yang murah agar pihak produsen juga tidak dirugikan.
Namun, masalahnya adalah jangka waktu tenor kebanyakan mencapai 8 tahun dengan cicilan kecil. Dalam kurun waktu delapan tahun, ada banyak hal yang bisa terjadi berkaitan dengan kondisi ekonomi, pekerjaan bahkan keadaan mobil yang kamu cicil tersebut. Jangan sampai pada akhirnya kamu mendapat kesulitan keuangan hanya karena cicilan mobil murah dengan tenor panjang.

2. Kondisi keuangan
Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya dengan gaji yang mereka dapatkan. Sebelum berpikir mengenai cicilan mobil, sebaiknya kamu mengatur keuangan kamu untuk kebutuhan-kebutuhan pokok yang harus dipenuhi terlebih dahulu.
Selain untuk kebutuhan pokok, kamu juga harus menabung untuk keperluan dana darurat setidaknya 20 persen. Untuk itu pastikan kamu tidak terburu-buru dalam memiliki mobil dengan cicilan murah, pastikan kamu terlebih dahulu memenuhi daftar kebutuhan primer, sekunder, serta dana darurat terlebih dahulu.

3. Kemacetan
Banyak kota terutama kota besar di Indonesia macet bukan lagi sesuatu yang aneh. Jika kamu membeli mobil, maka bisa dipastikan kamu akan menambah antrean mobil di jalan raya setiap harinya.
Dalam keadaan macet, kamu tidak bisa menambah kecepatan mobil. Macet juga akan membuat bahan bakar yang digunakan akan menjadi boros, dan kamu juga tidak bisa sampai tempat kerja tepat pada waktunya.  

Similar articles

Comments