Kontributor 728x90

Ilmu Finansial Ini Wajib Dimiliki Untuk Yang Nikah Muda

Menikah tidak hanya urusan usia, namun lebih kepada kedewasaan pikiran maupun kedewasaan finansial. Jika Anda usia 20-an dan menjelang pernikah hal finansial ini wajib dimiliki dan dipahami.

1. Sehat keuangan
Salah satu ciri keuangan sehat adalah tidak adanya utang sama sekali. Sementara, banyak orang yang menikah ketika masih 'mengantongi' sisa utang yang belum terbayar. Parahnya, ada juga yang menikah dengan biaya pinjaman dari bank dan orang lain. Hal ini justru akan membuat mereka sulit untuk mendapatkan 'oksigen' saat membesarkan anak dan juga memenuhi kebutuhan rumah tangga.

2. Pandai mengatur keuangan
Kalau Anda boros sebelum menikah, maka setelah hidup bersama pasangan pun kebiasaan Anda tak akan bisa berubah dengan mudah. Karena itu, sebaiknya Anda belajar cara mengatur uang yang baik sejak sekarang. Mumpung masih hidup sendiri dan hanya memikirkan kebutuhan Anda saja. Kalau sudah menikah, Anda harus memikirkan kebutuhan pasangan dan anak, lho!

3. Dimana Anda tinggal
Setelah menikah, sebagian pasangan memilih untuk tinggal sendiri bersama keluarga kecilnya. Sebelum menikah, sebaiknya Anda diskusikan dulu dengan pasangan mengenai hal ini. Sehingga Anda bisa mempersiapkannya dengan matang dan tidak mengambil keputusan yang salah. Pilihlah kawasan yang akan berkembang dengan pesat dan dekat dengan kantor Anda dan pasangan. Sehingga uang Anda tak akan habis untuk ongkos pulang-pergi setiap hari.

Similar articles

Comments