Kontributor 728x90

Kendalikan Uang Anda

Kalau menyangkut soal keuangan, kita harus menentukan prioritas dalam hidup kita. Karena yang namanya hidup, pasti akan selalu ada godaan untuk membelanjakan uang yang kita miliki. 

Prioritas tersebut nantinya dapat digunakan untuk menetapkan tujuan finansial kita, sebelum membuatperencanaankeuangan atau budgeting. Kalau belum menikah atau sudah menikah namun belum punya anak, buat target atau tujuan untuk diri sendiri, seperti punya dana darurat, dana liburan, dana shopping. 
Kemudian, untuk tahap berikutnya, kita bisa punya tujuan mengumpulkan dana untuk uang muka KPR. Kalau kita tidak bisa mengumpulkannya sekarang, begitu nanti kita sudah punya anak dan mau beli rumah, untuk uang mukanya saja kita tidak punya. Untuk membuat perencanaan keuangan, sebaiknya melakukan financial check up, dengan mendaftar seluruh pemasukan dan pengeluaran, serta aset – tunai maupun non-tunai – yang dimiliki, seperti rumah, mobil dan lain-lain. Jangan lupa juga mendaftar semua kewajiban atau utang kita. 

Dari financial check up tersebut, kadang baru sadar 'kekayaan' atau nett worth  yang sebenarnya. Bisa jadi, ternyata nett worth itu bisa mencapai satu juta, satu miliar, atau hanya 200 ribu yang berupa uang tunai yang ada di rekening tabungan. 

Similar articles

Comments