Kontributor 728x90

Emas, Pilihan Cerdas Wanita Modern - part 2 end

4.    Emas tidak dapat di-intervensi dan dicetak kembali
Berbeda dengan mata uang, harga emas tidak bisa dikendalikan atau dicetak ulang oleh negara. Pemerintah negara manapun tidak bisa campur tangan dalam pergerakan nilai emas, mengingat hasil bumi ini merupakan milik semua golongan, baik institusi maupun individu di seluruh dunia. Jadi, mekanisme pasar menentukan performa harga emas global. 
Daya beli seluruh mata uang terhadap logam kuning terus berkurang setiap tahun. Bahkan daya beli Rupiah terhadap emas sudah menyusut hingga 80% selama 1 dasawarsa terakhir. Apabila sepuluh tahun lalu satu gram emas setara dengan Rp. 66,000, kini sejumlah uang tersebut hanya bisa untuk menebus sekitar 0.2 gram emas.
 
5.    Suku Bunga rendah AS (0 0.25%)
Rendahnya suku bunga di Amerika Serikat (AS) menurunkan minat investor untuk berinvestasi dalam tabungan deposito Dollar. Apalagi Bank Sentral AS tidak menunjukkan sinyal penurunan suku bunga dalam waktu dekat. Alasan inilah yang mengurangi tingkat partisipasi wanita AS dalam investasi berbentuk deposito, karena deposan serentak menarik dan mengalihkan likuiditas ke dalam portofolio emas.   
 
 
Asumsi di atas merupakan landasan dari besarnya peluang kenaikan harga emas di masa depan. Potensi ini tidak hanya disadari oleh investor ritel dan perbankan, pemerintah beberapa negara bahkan sudah lebih dahulu melakukan konversi aset nasionalnya. India, China, Russia dan Venezuela konsisten menukarkan aset mata uang USD atau Euro ke dalam bentuk emas.
 
Patut diingat bahwa emas yang dimaksud tentu bukan emas berbentuk perhiasan karena nilai perhiasan akan tergerus oleh beban biaya, misalnya biaya pembuatan, biaya seni, merk dan lain-lain. Beban tersebut tidak dihitung sebagai tambahan harga pada saat dijual kembali, karena aksesoris emas akan dilebur menjadi perhiasan baru.
 
Jenis emas yang digunakan sebagai alat investasi terbaik adalah emas batangan. Hal ini dikarenakan emas batangan memiliki standar kualitas yang sama dan tidak mengenal biaya pembuatan. Sehingga nilai jualnya tidak akan menyusut kapanpun dan dimanapun. Seiring dengan rendahnya suku bunga dan tidak stabilnya harga properti (seperti yang terjadi di Cina saat ini), investasi emas menawarkan keamanan dan kenyamanan tersendiri bagi investor, terutama kaum wanita. Mulailah berburu emas sekarang juga.

Selesai.

Butuh penjelasan pengetahuan trading lebih lanjut atau berkonsultasi dengan tim riset dan edukasi kami? Silahkan klik tautan ini dan isi form tersedia untuk informasi selengkapnya.

Similar articles

Comments