Kontributor 728x90

Mengelola Keuangan Pasca Pesta Pernikahan

Pesta pernikahan yang umumnya dilanjutkan dengan acara bulan madu memang menjadi momen terindah yang memberikan kenangan manis tak terlupakan. Karena itu, sejumlah dana besar rela dikeluarkan untuk membuat pesta pernikahan yang meriah. Namun, ada hal yang perlu anda dan pasangan anda waspadai terhadap situasi pasca pesta pernikahan dan bulan madu.

1. Anda mungkin akan kehabisan uang dan pemasukan dari uang kondangan (angpao) tamu undangan tidak dapat menutup biaya yang telah anda keluarkan.
Meskipun mendapatkan backup dari orang tua dan mertua, namun ada beberapa pengeluaran yang tentu harus anda bayar sendiri dan akan mengakibatkan tabungan anda berdua habis atau cukup banyak berkurang. Padahal kebutuhan rumah tangga anda baru saja dimulai akan terus berjalan.
Dalam kondisi seperti ini, ada baiknya anda melakukan langkah-langkah antisipasi. Gunakanlah sisa gaji anda yang tersedia dan usahakan agar cukup membiayai kebutuhan harian hingga tanggal gajian berikutnya.
Dan bila sisa gaji tersebut tidak cukup, barulah anda boleh mengambil sebagian dari tabungan anda yang tersisa.

2. Bila ada pemasukan dari uang angpao dan kebetulan uang angpao serta semua hadiah berupa barang menjadi milik kalian berdua.
Tapi sebaiknya uang angpao ini tidak dipakai bila kebutuhan rumah tangga masih bisa dicukupi dari gaji. Simpanlah untuk menambah tabungan anda, karena pasti nanti anda akan membutuhkannya.
Sedangkan untuk barang-barang hadiah, langsung anda catat, dan jangan sampai anda membeli lagi barang yang sama untuk keperluan rumah tangga.

3. Terdapat biaya-biaya pesta pernikahan yang belum terbayar. Terkadang memang ada saja biaya tak terduga setelah pesta yang belum terbayar dan luput dari anggaran yang telah direncanakan.
Untuk biaya tak terduga ini, bolehlah anda mengambilnya dari tabungan anda atau menggunakan uang angpao yang anda dapatkan.

Similar articles

Comments