Kontributor 728x90

3 Cara Atur Finansial Bisnis Anda

Walaupun bisnis dapat bertahan untuk sementara waktu tanpa penjualan atau keuntungan, tapi bisnis tanpa kas tidak akan berfungsi. Anda pun harus memperhatikan dengan teliti keuangan Anda dan mengawasi pemasukan dan pengeluaran. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda lebih baik dalam mengelola keuangan untuk bisnis kecil.

1. Tentukan Porsi Keuangan
Salah satu cara paling mudah mengatur keuangan usaha adalah menyepakati sejak awal berapa porsi uang yang akan digunakan sesuai lalu lintas uang yang dibutuhkan. Misalnya, berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk membayar gaji, operasional perusahaan, serta berapa keuntungan yang akan digunakan untuk pengembangan usaha dan untuk ditabung.

2. Pisahkan Rekening Pribadi Dan Usaha
Ini adalah masalah utama kebanyakan usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia, yakni tidak memisahkan rekening pribadi dan usaha, sehingga akan membuat UKM tersebut sulit memonitor pendapatan dan pengeluaran yang telah dilakukan. Maka, setelah porsi pembagian ditentukan, langkah selanjutnya adalah melakukan pencatatan keuangan usaha.

3. Perbaiki Arus Kas Setiap Hari
Kas adalah ukuran kemampuan Anda untuk membayar tagihan secara rutin, jadi pastikan kondisi arus kas Anda positif. Untuk berdagang secara efektif dan mengembangan bisnis Anda ke depan, makaAnda perlu menambah cadangan kas dengan memastikan pengaturan pergerakan kas masuk dan keluar rekening Anda.

Similar articles

Comments