Kontributor 728x90

Tips Kelola Keuangan Untuk Mahasiswa

Jika anda seorang mahasiswa dan tinggal jauh dari orang tua, situasi yang sering dihadapi adalah harus andal dalam mengelola keuangan. Berikut tips mudah dalam mengelola keuangan untuk mahasiswa yang dapat membantu membentuk pondasi yang kuat dalam pengelolaan keuangan.

1. Buat Anggaran
Membuat anggaran sangat penting. Daftar sumber pendapatan bulanan, termasuk tabungan, tunjangan dari orang tua, dan kemudian menulis perkiraan biaya yang dikeluarkan pada bulan tersebut. Hal ini tidak mudah untuk mengidentifikasi biaya hidup di awal, tetapi para mahasiswa harus mencoba. Catat biaya seperti perlengkapan kampus, makan dan minum, barang-barang perawatan pribadi, laundry, dan biaya kost. Kemudian, cobalah mengelola biaya anggaran menggunakan alat manajemen keuangan pribadi online, atau dengan membuat daftar neraca anggaran sederhana di excel.

2. Pisahkan Antara Keinginan Dan Kebutuhan 
Berapa banyak yang harus Anda anggarkan untuk makan di restoran mall? Berapa biaya akan laundry? Berapa biaya kost? Berapa biaya untuk nonton bioskop? Berapa biaya untuk makan minum sehari hari? Setelah mengidentifikasikan biaya-biaya tersebut, menjadi lebih mudah untuk membedakan keinginan dan kebutuhan. Utamakan rencana anggaran belanja untuk hal-hal yang sifatnya kebutuhan.

3. Mengatur Rekening Tabungan
Bank biasanya melayani mahasiswa dengan menawarkan tabungan khusus, yang memungkinkan mahasiswa untuk melakukan penarikan uang di semua ATM secara gratis. Dengan banyaknya ATM yang tersedia disekitar kampus membuat mahasiswa dapat mudah mengambil uang, telitilah sebelum ambil uang , ambillah uang dengan jumlah sesuai kebutuhan saja. Dan perlu diingat, bahwa ketika mendapat kiriman uang dari orang tua, mahasiswa diharapkan agar lebih bijaksana dalam menggunakan uang kiriman tersebut.

Similar articles

Comments

  • boleh lah dicoba tipsnya, biar irit dikit.
  • sebagai mahasiswa memang harus pandai mengatur uang, apalagi kebutuhan mahasiswa juga banyak.
  • daripada uangnya buat laundry mending buat makan.
  • kalau punya rekening 2 ribet deh ngaturnya.