Kontributor 728x90

Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang efektif untuk membayar semua yang Anda inginkan, terutama ketika tidak memiliki uang tunai di dompet. Namun, jangan salah, pemakaian kartu kredit juga bisa mencekik leher: pembayarannya tertunggak, kemudian Anda dikejar-kejar debt collector. Berikut beberapa tips dan cara agar Anda dapat menggunakan kartu kredit dengan sebijak-bijaknya:

1. Segera lakukan pembayaran begitu tagihan tiba di tangan Anda. Menunda pembayaran berakibat bunga akan terakumulasi setiap hari. Makin cepat Anda membayar, makin rendah bunga yang dikenakan, dan makin sedikit utang Anda.

2. Usahakan untuk membayar lebih dari nilai pembayaran minimum. Semakin tinggi yang Anda bayarkan, semakin rendah pembayaran bulanan minimum Anda. Misalnya, Anda membeli sebuah produk dan berencana membayarnya secara kredit. 

3. Gunakan  satu kartu saja untuk mengumpulkan point reward yang ditawarkan. Dengan cara ini, Anda akan  dapat mengumpulkan point reward maksimum dibanding jika tersebar di beberapa kartu.

4. Transfer saldo yang lebih tinggi ke kartu yang lebih rendah, lalu hentikan menggunakan kartu yang lebih tinggi itu. Akan lebih mudah untuk mengelola utang jika Anda memiliki satu kartu (lebih disukai kartu yang memberikan point reward) yang Anda gunakan dan usahakan untuk membayarnya setiap bulan.

5. Ketika merasa jumlah minimum yang harus Anda bayarkan dalam sebulan sudah mulai membuat Anda kesulitan, berhenti menggunakan kartu Ada hingga saldo utang berkurang dari setengahnya.

6. Jangan sering tergiur penawaran-penawaran atau promo yang sedang berlaku jika Anda tidak terlalu membutuhkan produk yang dtawarkan.

Similar articles

Comments

  • kartu kredit dipakai untuk keperluan yang urgent aja.
  • lebih baik ga usah pakai kartu kredit deh.
  • punya kartu kredit banyak buat apa ya? klo ga bisa bayar ditinggal gitu aja. emangnya enak apa diteror terus sama bank.
  • biasanya orang susah tuh menghindar dari poin 6, mereka bikin krn untuk ambil promo2 tiket, hotel,dll.
  • betul jangan menunda membayar tagihan, klo ga mau dikejar-kejar sama bank.