Kontributor 728x90

Apa itu investasi?

Bagi sebagian orang, investasi masih diartikan sebagai kegiatan tanam-menanam saham di perusahaan. Ini yang perlu kita luruskan agar semua lapisan masyarakat dapat mengerti apa itu arti investasi. Investasi merupakan tindakan di mana seseorang atau perusahaan mengeluarkan sejumlah dana untuk disimpan sebagai suatu bentuk dengan harapan suatu saat akan mendapatkan keuntungan secara finansial. Bentuk yang kerap kali dijadikan bentuk investasi bisa jadi investasi dalam bentuk kepemilikan saham perusahaan, investasi tanah, maupun investasi emas.

Pada dasarnya investasi penting dilakukan karena memberikan keuntungan yang lebih baik dari cara konvensional seperti menabung. Kita tidak bisa menampik bahwa setiap tahun inflasi di negara kita cukup membuat khawatir apalagi inflasi biaya pendidikan. Disni peran investasi yang bisa membuat kita cukup ringan di masa datang. Jelas sudah bahwa Investasi penting dilakukan selain karena memberikan keuntungan yang lebih baik daripada cara konvensional, juga karena berhubungan dengan kebutuhan dan keinginan dari setiap orang yang sangat banyak bahkan cenderung tak terkendali.

Sebelum memulai investasi, hendaknya kenali dulu beberapa jenis investasi yang bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan investasi:

1. Tabungan
Ini sangat cocok untuk investor pemula. Bentuk investasi  ini cukup umum digunakan dan bersifat lebih fleksibel. Tabungan tidak memberikan keuntungan sebesar jenis investasi lainnya, namun resiko yang dimiliki oleh jenis investasi ini tergolong cukup rendah. 

2. Deposito
Ini memiliki keuntungan yang lebih besar dibanding tabungan biasa. Sederhananya adalah Anda menyetorkan sejumlah uang ke rekening deposito namun Anda sepakat untuk bisa tidak melakukan penarikan dalam jangka waktu tertentu.

3. Reksadana
Jenis ini cukup menjanjikan, Reksadana merupakan wadah untuk menghimpun dana secara kolektif dan dikelola oleh manajer investasi. Hasil pengumpulan ini kemudian diubah dalam bentuk lain. Kerugian maupun keuntungan yang didapatkan dari investasi yang disepakati merupakan hal yang harus dibagi rata kepada para penghimpunnya. Hendaknya berkonsultasi dengan pakar yang cukup ahli untuk ini.

4. Obligasi
Obligasi adalah surat hutang. Umumnya pihak yang mengeluarkan surat hutang obligasi adalah pemerintah. Maka, surat hutang obligasi ini akan menghasilkan bunga pinjaman yang akan diberikan kepada Anda selaku pihak yang meminjamkan dana kepada pemerintah.

5. Emas
Jenis ini yang cukup populer, penjualan emas yang mungkin harganya lebih tinggi beberapa kali dari harga awal investor membeli saham emas adalah alasan utama bagi para investor.

Similar articles

Comments