Kontributor 728x90

Cara Aman Kelola Uang Gaji Anda

Apakah sampai saat ini Anda masih merasakan gaji yang hanya “Numpang lewat”? Rasanya istilah itu cukup popular ketika ada ketidak cakap-an Anda dalam mengatur keuangan. Untuk itu perlu beberapa cara untuk memastikan bahwa uang Anda tidak hanya “Numpang lewat” dan terdistribusi dengan aman sesuai alokasi.

Berbelanja Sesuai Kebutuhan
Langkah awal saat menerima gaji adalah membuat anggaran belanja dan membelanjakannya sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai akhirnya menjadi "Besar Pasak daripada Tiang." Belanjakan uang penghasilan Anda sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda, hindari berjiwa konsumtif. Biasakan untuk melatih diri untuk bijaksana mengatur pengeluaran. Ini akan menyelamatkan keuangan Anda.

Membuka Beberapa Rekening di Bank yang Berbeda
Cara lain yang cukup ampuh adalah dengan memiliki rekening berbeda. Ini bertujuan agar arus kas Anda lebih rapih, buat 2-3 kalau perlu untuk keperluan-keperluan yang telah Anda tentukan. Prioritaskan satu rekening untuk belanja dan keperluan yang bersifat primer. Hidup bukan untuk hari ini saja, masih ada hari esok yang juga memerlukan pengeluaran. 

Biasakan Dengan Uang Tunai Sedikit
Ini cara ampuh untuk rem sifat konsumtif. Dengan uang tunai sedikit berarti memperkecil kesempatan untuk berbelanja atau membuang uang. Dan coba tambahkan dengan tidak membiasakan membawa kartu debit dan kartu kredit. Mungkin pertama-tama Anda cukup menderita dan kehabisan uang dengan ini. Namun lama-kelamaan cara ini cukup manjur membuat Anda patuh hingga menciptakan kestabilan dalam keuangan Anda.

Dan jangan lupa untuk menabung, alokasi dana darurat dan investasi dana pensiun untuk tiap bulannya. Semoga tips ini membuat gaji Anda lebih bermanfaat dan bisa menyehatkan keuangan. Selamat mencoba!

Similar articles

Comments