Kontributor 728x90

Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik Untuk Remaja

Masa remaja adalah masa dimana kita sibuk dalam pencarian jati diri. Lalu bagaimana dengan cara mengatur keuangan dalam masa ini? Mari membuat pondasi sedari dini agar kita lebih baik dimasa yang akan datang.

1. Cobalah untuk menahan diri untuk membelanjakan uang saku bulanan. Ini adalah langkah awal untuk mengatur keuangan. Belajar menahan diri Anda membelanjakan uang untuk hal yang tidak terlalu penting. Jika Anda ingin membeli barang, lakukan cara dengan menabung sedikit demi sedikit untuk mendapatkan barang tersebut di waktu mendatang.

2. Mencatat berbagai macam pengeluaran adalah penting. Ini adalah cara mengetahui aliran uang yang sudah keluar. Lakukan ini agar pengeluaran Anda tidak melampaui batas limit. Mencatat setiap pengeluaran dan menganggarkan uang dengan teliti sangat dianjurkan. Mari biasakan hal ini sejak dini.

3. Memiliki tabungan darurat akan sangat membantu ketika Anda mengalami masalah keuangan nantinya. Sisihkan sedikit dari uang yang Anda terima, jangan pernah ganggu gugat alokasi dana ini.

4. Mulailah belajar mengenai pajak, perhatikan persoalan pajak sebelum Anda menerima gaji pertama. Hal ini akan membantu Anda untuk menghitung gaji bersih atau pemasukan bersih yang akan Anda miliki. Ini sangat berguna ketika Anda sudah memasuki dunia kerja.

5. Selalu jaga keuangan Anda, jangan sampai uang Anda habis sesaat setelah mendapatkan uang bulanan. Sisihkan atau bahkan investasikan uang Anda untuk menghindari kesusahan finansial ke depan. Selalu utamakan yang namanya kebutuhan, dan tinggalkan jauh soal keinginan. Jika Anda terbiasa dengan ini, maka dimasa yang akan datang, Anda akan memiliki keuangan yang sehat.

Similar articles

Comments

  • semua contoh yang ada diatas sudah aku jalankan tapi tetap saja masih minus juga kadang harus pinjam uang.
  • hitung pengeluaran aja bingung apalagi hitung pajak.
  • tuh anak muda ikuti cara nabung yang bener. kan klo tabungan full kamu juga yang senang.
  • klo uang udah habis ya habis aja, ngapain diatur-atur.
  • menahan diri untuk tidak membelanjakan sesuatu kalo lagi punya uang tuh agak susah