Kontributor 728x90

Menabung Lebih Mudah Dengan Cara Ini

Pada kenyataanya, jika kita akan menabung berarti akan ada dana yang kita sisihkan. Namun dilemma terjadi karena ini berbenturan dengan berbagai alokasi. Mari kita lihat alokasi mana yang kita bisa pangkas dan dikonversi menjadi dana untuk tabungan:

1. Laundry
Mungkin sedikit banyak dari kita disini menggunakan fasilitas binatu untuk mencuci pakaian, harga yang cukup bersahabat dan effisiensi waktu menjadi alasan utama. Namun pernah terfikirkah oleh Anda jika alokasi dana ini di konversi menjadi dana tabungan? Jika Anda sedikit mau lelah, lakukanlah ini sendiri dan tinggalkan alokasi dana untuk binatu. 

2. Memasak
Mari kembali kepada kebiasaan lama. Tinggalkan pemborosan untuk membeli makanan untuk konsumsi Anda, ini bisa dimulai dengan sedikit mengurangi konsumsi membeli makan diluar. Hitung ulang berapa biaya konsumsi beli makanan selama sebulan dan bandingkan dengan biaya memasak sendiri. Dana ini pun bisa Anda konversi kedalam tabungan

3. Berolahraga dan Menjaga Kesehatan
Berolahraga tidak perlu mengeluarkan biaya, tubuh Anda sehat dan terhindar dari penyakit. Jika Anda sehat maka akan jarang untuk keluar dana berobat. Disinilah kembali Anda bisa konversikan dana tersebut kedalam tabungan.

4. Berkendara Dengan Bijak
Tidak ada salahnya memang berkendara untuk beraktivitas ke tempat kerja, namun jika memang memungkinkan coba selingi dengan naik kendaraan umum atau bersepeda. Pastinya akan ada margin biaya bahan bakar dan parkir. Ini pun bisa Anda konversikan kedalam tabungan.
Mari, mulai menabung dari sekarang.

Similar articles

Comments