Kontributor 728x90

4 Tips Berhemat Dari Dalam Diri Sendiri

Inilah 4 tips berhemat, yang dimulai dari mengatur pemikiran sendiri demi mengontrol hasrat konsumsi berlebih:

1. Bandingkan Keunggulan
Terkadang kita lalai dalam membandingkan, ketika misalnya uang Rp1,5 juta untuk mengganti kursi di mobil menjadi kursi kulit, sebenarnya bisa kita gunakan untuk membeli sofa empuk yang nyaman dengan harga sama, yang dapat diduduki sepuasnya setiap anda lelah berkendara, sambil untuk menonton film-film favorit Anda

2. Utamakan Kebutuhan, Bukan Keinginan
Berfokuslah sambi menilai, apakah anda 'benar-benar memerlukan' barang yang ditawarkan, atau tidak sama sekali. Pastikan jika hidup anda akan baik-baik saja, jika anda tidak memiliki barang tersebut.

3. Kebahagiaan Itu Tidak Mahal
Jika Anda bisa sekedar berjalan kaki di taman atau berkunjung ke perpustakaan publik guna menyegarkan pikiran, hal itu jelas lebih bijak daripada menuruti syahwat berbelanja. Jika perlu, jadikan kedua hal itu sebagai bagian dari rutinitas Anda. Maka Anda akan memiliki alternatif kegiatan lain yang menyenangkan selain berbelanja, namun bermanfaat bagi kualitas hidup.

4. Menyimpan Uang Itu 'skill'
Kuncinya: Fokus membayar segala pengeluaran rutin perbulan yang wajib dilunasi, salurkan sebagian gaji langsung ke akun tabungan yang tak diutak-utik. Keduanya penting untuk mengasah jurus berhemat, dan membersihkan pikiran dari pengeluaran-pengeluaran tidak penting yang berpotensi mengganggu latihan jurus berhemat anda.

Similar articles

Comments

  • boleh juga nih sarannya.
  • biasanya klo cewe lebih mementingkan keinginan. keinginan untuk belanjanya ga bisa dibendung, nanti klo udah kepentok uangnya habis baru deh berenti. hehehe. susah berhemat.
  • ya, sofa mobil yang ga bisa dipakai lagi juga bisa juga diperbaiki, dan dijadikan sofa yang empuk untuk nonton tv dirumah. Jadi hemat gaperlu sofa baru.
  • iyalah dahulukan kebutuhan, jangan keinginan. kalo keinginan belanja terus dilayani kita ga akan bakalan bisa nabung.
  • Setuju, dibutuhkan skill untuk menyimpan uang dengan baik dan fokus dengan apa yang telah dijalankan.