Kontributor 728x90

Tentang Anak Muda dan Kebijaksanaan berinvestasi (bagian kedua)

Karena siapapun paham, bahwa investasi adalah salah satu aspek dalam iklim berbisnis, yang pastinya memiliki risiko. "Apakah Anda sudah memiliki tabungan?" adalah pertanyaan wajib yang harus ditanyakan terlebih dahulu, pada diri seseorang sebelum menyeburkan dirinya di lubang keyakinan berinvestasi.

Jika Anda belum mempunyai tanggungan, bisa dipastikan dana yang Anda miliki tak akan pernah bisa dibilang 'besar'. Karena, hal itu pastinya belum dikurangi segala beban kebutuhan, yang sebenarnya harus Anda miliki dulu sebelum memasuki medan perang investasi.

Pendapat sejumlah financial planner mengatakan, idealnya, dana yang yang harus ditabungkan adalah sebesar 3 bulan pengeluaran. Dana tersebut bersifat wajib dimasukkan ke dalam tabungan, dan tidak boleh diganggu gugat. Itulah yang dinamakan sebagian financial planner dengan istilah Emergency Fund. Kalau seorang anak muda belum memiliki hal itu, bisa dipastikan dirinya belum layak menjadi seorang petarung dalam arena perang bisnis di jalur investasi.

Maka, menabunglah!

Similar articles

Comments

  • mumpung belum punya tanggungan dan masih muda, rajin2 lah menabung karena itu penting.
  • Mau investasi aja kok ribet ya, padahal tinggal sisihkan saja uang yang kita miliki, misalnya pendapatan yang kita miliki 3jt/bulan ya tinggal disisihkan aja untuk tabungan 1jt sebulan, untuk keperluan selama 1 bulan 500ribu, sisanya untuk trasport dll. Asal konsisten dijamin pasti kita bisa melakukan investasi.
  • Anto_
    investasi apa sih yang cocok buat anak muda?

    Tergantung budget bisa investasi emas,rumah atau kendaraan bermotor juga bisa.
  • oh, jadi dana yang ditabung itu sebesar 3 bulan pengeluaran. Misalnya dalam sebulan mengeluarkan uang 500ribu berarti kita juga harus menabung sebesar 500rb juga ya?
  • investasi apa sih yang cocok buat anak muda?