Kontributor 728x90

Produk Dana Pensiun Untuk Anda (bagian pertama)

Anda memikirkan bagaimana nasib Anda saat pensiun nanti? Anda masih bingung mempersiapkan saat pensiun? Secara umum, ada empat produk persiapan pensiun yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Apa sajakah itu, yuk kita simak bersama.
 
1. Anuitas

Anuitas adalah produk keuangan yang pada masa jatuh tempo (target pensiun) memberikan uang sebesar 100 persen dari uang pertanggungan, kemudian setiap bulan akan memberikan sejumlah uang sampai umur tertentu (biasanya pada usia 70 tahun). Di umur tertentu tersebut, akan diberikan lagi uang pertanggungan sebesar 100 persen. 
 
Besarnya uang pertanggungan yang akan diterima berbeda-beda tergantung kebijaksanaan masing-masing lembaga keuangan. Namun, kita bisa mengatur sendiri jumlah uang yang akan diterima setiap tahunnya. Sayangnya, produk anuitas di Indonesia hanya ditawarkan oleh 4 perusahaan asuransi jiwa, yaitu PT Asuransi Jiwasraya, PT Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera, PT Asuransi Jiwa BRIngin Life, dan PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri. Dengan minimnya pilihan ini, menjadikan produk anuitas tidak memiliki banyak pilihan menarik bagi konsumen.
 
2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

DPLK adalah program pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, apakah itu karyawan ataupun pekerja mandiri yang tidak tertanggung oleh dana pensiun pemberi kerja. Keuntungan DPLK adalah masa pensiun bisa dipercepat sampai usia 45 tahun. Ketika memasuki masa pensiun, 20 persen dari uang pensiun akan dibayarkan secara langsung, kemudian sisanya sebesar 80 persen dibayarkan secara anuitas. Jika penerima pensiun meninggal, anuitas akan terus diterima oleh istri atau suami atau anak (maksimal sampai usia 25 tahun).
 
(bersambung)

Similar articles

Comments