Kontributor 728x90

Produk Dana Pensiun Untuk Anda (bagian kedua)

Anda memikirkan bagaimana nasib Anda saat pensiun nanti? Anda masih bingung mempersiapkan saat pensiun? Secara umum, ada empat produk persiapan pensiun yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Apa sajakah itu, yuk kita simak bersama bagian kedua ini.
 
3. Pensiun Lump Sum

Secara garis besar, cara kerja program ini nyaris sama dengan DPLK, hanya saja ketika memasuki masa pensiun, dana pengelolaan diterima dalam jumlah lumpsum atau 100 persen dar nilai pertanggungan. Sebagian besar yang menggunakan program ini adalah perusahaan yang membeli premi bagi karyawannya. Namun demikian, karyawan tidak memiliki kebebasan apapun dalam menentukan jumlah besaran uang pertanggungan yang diinginkan.
 
4. Investasi dengan Reksadana

Reksadana merupakan salah satu produk investasi yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun. Dengan potensi hasil investasi yang menarik (10 sampai dengan 25 persen per tahun), dalam jangka panjang Anda dapat mengoptimalkan dana yang telah kita tanam untuk kebutuhan pensiun nantinya. 
 
Namun demikian, harus Anda pahami bahwa tingginya imbal hasil yang ditawarkan Reksadana juga memiliki resiko investasi yang harus diantisipasi. Beberapa resiko yang dimiliki Reksadana adalah tidak adanya jaminan atas keuntungan karena adanya resiko pengurangan nilai. Namun, kita tetap bisa meminimalisir resiko tersebut dengan pemantauan secara intensif untuk mengantisipasi langkah selanjutnya jika resiko tersebut benar terjadi.

Similar articles

Comments