Kontributor 728x90

Cara ampuh menghindari hutang

Hutang adalah sebagian dari jenis bencana, bagi mereka yang tak sanggup mengaturnya. Simak tips berikut agar Anda terhindar dari hutang. Kartu kredit memang praktis, tinggal gesek. Tapi jika tidak hati-hati hal itu malah bisa menyeret Anda ke dalam jeratan hutang. Berikut cara menghindarinya:

1. Tinggalkan Kartu Kredit di Rumah
Lakukan ini setiap kali Anda akan pergi ke mal atau jalan-jalan ke tempat  yang menggiurkan  untuk berbelanja. Simpan kartu kredit di  laci lemari dan kunci. Ini akan memaksa Anda mengeluarkan uang tunai.

2. Simpan Kartu Kredit di Tempat Sulit
Anda dapat menyimpannya di bawah tumpukan pakaian di dalam lemari, sehingga butuh upaya untuk menemukannya. Yang penting kartu kredit itu jauh dari jangkauan Anda.

3. Hitung Bunga Bulanan
Anda akan terhenyak melihat besarnya angka bunga kredit yang harus dibayar tiap bulan. Cara itu akan membuat Anda berpikir dua kali untuk menggunakan kartu kredit.

4. Disiplinkan Diri
Hal ini penting agar Anda bisa memaksa diri Anda sendiri, untuk tidak memakai kartu kredit sampai pada limit tertentu yang Anda tetapkan. Utamanya, sesuaikan dengan kemampuan Anda membayar cicilannya setiap bulan.

5. Tutup Kartu Kredit
Jika itu membebani Anda, maka akhirilah cara berhutang dengan iming-iming prestise dan kemudahan serta rayuan gombal diskonnya. Selesaikan urusan hidup Anda dan kartu kredit, tentunya dengan lebih dulu melunasi semua tagihan.

Similar articles

Comments