Kontributor 728x90

Perencanaan Pengeluaran Yang Baik

Alasan terbesar gaji bulanan habis di tengah jalan adalah tidak adanya rencana pengeluaran yang sistematis, sehingga mengambil uang seperti kurang terkendali. Berikut cara mengatasinya:

1. Membuat Rencana Pengeluaran setiap bulan, dengan membuat desain rencana pengeluaran yang Anda susun saat menerima gaji. Harus realistis dan menggambarkan pola hidup Anda yang sebenarnya. Caranya, Anda perlu me-review jenis dan jumlah pengeluaran Anda selama tiga bulan ke belakang, untuk mengetahui tipe 'spender' seperti apa diri Anda, apakah lebih banyak belanja untuk urusan kuliner, fashion, buku, peralatan hobi atau yang lain.

2. Putuskan pos-pos apa saja yang bisa dilakukan penghematan atau dihilangkan sama sekali.

3. Buat semacam buku harian yang berisi catatan pengeluaran selama sebulan. Catat barang atau jasa yang dibeli, jumlah yang dibeli dalam satuan unit, nominal transaksi, waktu pembelian, dan tempat pembelian setiap hari.

4. Bandingkan pengeluaran aktual dengan yang terencana, dan bandingkanlah rencana pengeluaran yang Anda susun di awal bulan dengan buku harian pengeluaran Anda. Jika rencana pengeluaran yang Anda buat sama, atau tidak berbeda jauh dengan pengeluaran aktual Anda, disitulah keberhasilan anda mengatur perencanaan keuangan pribadi, tanpa mengubah pola hidup Anda secara drastis.

Similar articles

Comments

  • Karena saya suka makan, jadi uang saya habis untuk makan. hehehe.
  • Setuju sama artikel diatas. Tapi inget harus konsisten dalam menyusun rencana keuangan dan pengelolaannya. Agar keuangan kita tetap aman dan terkendali.
  • mas Bimo bisa kok pos-posin gajinya untuk belanja bulanan, traveling dan ongkos. Saya sudah menjalankan cara seperti itu sejak 2 tahun lalu dan hasilnya pengeluaran keuangan saya lebih terkendali.
  • Oh, jadi biar kita bisa hemat uang yang kita punya harus di pos-posin ya? Pos-nya berdasarkan apa saja?
  • Setuju, klo mau irit memang harus buat perencanaan keuangan selama sebulan kedepan. Pas, akhir bulan uang kita ga habis2 bgt masih ada sisanya.