Kontributor 728x90

Sumber Dana Darurat

Seluruh perencana keuangan kerap mengatakan pentingnya memiliki dana darurat. Jumlahnya beragam, ada yang cukup 6 kali pengeluaran bulanan, 12 kali pengeluaran bulanan, bahkan 36 kali pengeluaran bulanan. Konsep yang sangat baik diterapkan jikalau Anda memang memiliki dana untuk disimpan sebagai dana darurat. Kalau tidak ada uang untuk disimpan? Sayangnya, Anda harus memaksakan diri memiliki dana darurat, berapapun nilainya. Yang terpenting Anda memiliki target tertentu tentang jumlah yang hendak dituju. Ingat, menabung demi tujuan akan membuat Anda lebih bersemangat menabung, tak terkecuali menabung untuk dana darurat. 

Pegadaian. Gadaikan barang yang cukup berharga untuk mendapatkan sumber uang tambahan. Bisa berupa perhiasan emas atau barang elektronik dan sebagainya. Yang harus Anda ingat adalah karakteristik gadai adalah hanya untuk jangka pendek. Untuk jangka panjang, bunganya lumayan tinggi.

Jamsostek. Sebagai karyawan, Anda diwajibkan menjadi anggota Jamsostek alias jaminan sosial tenaga kerja. Nah, kartu atau keanggotaan Anda di Jamsostek ternyata memiliki nilai rupiah juga, lho. Anda dapat memeriksa nilainya lewat situs Jamsostek.

Kartu kredit. Ini adalah sumber keuangan paling populer. Tak lain karena sifatnya yang sangat mudah didapatkan, namun tentunya dengan kompensasi bahwa bunga yang diterapkan adalah yang tertinggi di golongan kredit tanpa agunan.

Similar articles

Comments