Kontributor 728x90

Perencanaan Keuangan

Saat musim sale di berbagai mal, kita cenderung susah menahan diri untuk tidak belanja. Atau, jika kita gemar minum kopi, begitu melewati coffee shop, kita agak sulit menolak keinginan untuk mencicipi kopi di tempat itu.

Oleh karena itu, kalau menyangkut soal keuangan, kita sendiri harus menentukan prioritas dalam hidup kita. Karena yang namanya hidup, pasti akan selalu ada godaan untuk membelanjakan uang yang kita miliki. 

Prioritas tersebut nantinya dapat digunakan untuk menetapkan tujuan finansial kita, sebelum membuatperencanaankeuangan atau budgeting. Kalau belum menikah atau sudah menikah namun belum punya anak, ya buat saja target atau tujuan untuk diri sendiri, seperti punya dana darurat, dana liburan, danashopping. Sederhana, kan? Kemudian, untuk tahap berikutnya, kita bisa punya tujuan mengumpulkan dana untuk uang muka KPR.

Untuk membuat perencanaan keuangan, dianjurkan agar melakukan financial check up, dengan mendaftar seluruh pemasukan dan pengeluaran, serta aset – tunai maupun non-tunai – yang kita miliki, seperti rumah, mobil dan lain-lain. Jangan lupa juga mendaftar semua kewajiban atau utang kita. 

Yang perlu diingat, dalam membuat perencanaan, kita tak bisa hanya menetapkan satu tujuan. Perlu juga memikirkan tujuan jangka panjang, bahkan sampai saat kita pensiun nanti.

Similar articles

Comments

  • Duh agak ribet ya klo dibuat rencana seperti itu. Secara gaji saya kecil banget.
  • aku baru tahu klo ada financial check up. Untuk mengetahui keuangan dan aset-aset kita.
  • bener juga siy kita emang harus bikin tuh yang namanya perencanaan keuangan. Biar jelas tu duit keluar buat apa aja.
  • Yuk, aah bikin perencanaan keuangan. Biar tahu kebutuhan mana aja yang penting dan yang ga penting.
  • Iya, semuanya harus terencana dengan baik apa lagi menyangkut kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai deh uang yang kita punya terbuang sia-sia.