Kontributor 728x90

Pangkas Biaya Bulanan Dengan Mudah

Ketika keuangan agak “seret”, orang-orang biasanya punya segudang cara untuk menyisihkan beberapa perak. Nah, apakah Anda akan menunggu “seret” dulu agar pengeluaran bulanan Anda lebih ramping? Oh, tentu ada. Ini dia caranya:

1. Mengorganisir
Buatlah daftar kebutuhan bulanan Anda. Selanjutnya, sortir-sortir lagi setiap pos kebutuhan Anda. Pasti masih banyak barang-barang yang bisa dikesampingkan.

2. Bayar Dengan Uang Tunai
Tariklah uang tunai di awal bulan dan pisah-pisahkan dalam amplop yang berbeda sesuai pos-pos kebutuhan Anda,

3. Mikir Dulu Sebelum Pesan
Makan bersama dengan kolega atau teman memang salah satu sarana bergaul, namun Anda harus mempertimbangkan baik-baik sebelum memesan makanan.

4. Cari Perpustakaan Umum
Anda bisa membaca buku-buku yang Anda suka di perpustakaan umum di sekitar tempat tinggal Anda daripada membeli.

5. Melek Informasi
Untuk mengatur dan memantau pengeluaran bulanan Anda, ada software aplikasi keamanan yang akan membantu Anda mengelola saldo di bank, tagihan, investasi, biaya-biaya serta rekomendasi dan pengingat yang akan dikirimkan melalui smartphone Anda. 

Similar articles

Comments

  • jika mau belanja memang lebih baik bawa uang cash saja. Uang yang dikeluarkan lebih terkontrol.
  • Misalnya punya uang pas-pasan tapi mau makan enak biasanya kumpulin uang sama teman2. Beli satu makanan yang bisa dimakan rame-rame. kan jadi irit. hehehe
  • Memangnya ada ya aplikasi untuk mengatur keuangan? Share dong.
  • kalau lagi hang out sama teman bawa uang pas-pasan aja. Kan jd hemat, karena ga banyak jajan. ATM tinggal di rumah jangan dibawa.
  • Bener tuh biasanya klo ga duit buat beli buku gw lari ke perpustakaan.