Kontributor 728x90

3 cara perencanaan keuangan di usia 40-an

Sebuah dilema yang biasanya dihadapi saat Anda berada dalam usia 40-an adalah bahwa ketika harus menabung untuk biaya kuliah anak-anak. Masukkan uang ke dalam rekening pensiun, serta membeli rumah dan berbagai keperluan lainnya. Disinilah diperlukan ketelitian dan langkah yang tepat dalam memilah-milah apa saja yang harus Anda lakukan dalam perencanaan keuangan didalam masa usia 40-an Anda.

Berikut tips perencanaan keuangan yang dimaksudkan untuk membantu Anda ketika dalam usia 40-an menemukan keseimbangan dalam kehidupan dalam hal pengeluaran dan utang.

1. Membangun dana cadangan
Langkah pertama dalam perencanaan keuangan adalah untuk membentuk dana darurat. Jika Anda tahu Anda harus mengganti perlengkapan kamar mandi, maka dalam durasi tertentu Anda harus menyisihkan uang untuk itu didalam rekening tabungan. Ini adalah salah satu bentuk kedisiplinan yang dimulai dari hal kecil agar terasa hasilnya saat Anda sudah berada dalam usia 40-an.


2. Mengurangi utang Anda
Jika Anda memiliki utang kartu kredit, utang pinjaman atau tagihan medis, buatlah skala prioritas untuk mengurangi yang akhirnya dapat menghilangkan utang itu, sehingga membuat pendapatan Anda dapat stabil dan disalurkan kembali kedalam tabungan dan investasi untuk masa usia 40-an.


3. Buat tabungan pensiun, dana pendidikan dan asuransikan keluarga sejak dini
Awali tiga hal ini sejak Anda memiliki anak pertama atau bahkan ketika awal pernikahan. Lakukan dengan disiplin ke tiga pos ini, dana pensiun dan dana pendidikan sejak awal memang harus sedikit anda “paksakan”, ini dapat menyangkut bagaimana keadaan keuangan Anda saat memasuki usia 40-an. Dan sempurnakan dengan asuransi, pilih yang paling baik secara bijaksana agar masa depan Anda dan keluarga lebih terjamin.


Similar articles

Comments