Kontributor 728x90

Masih Percaya Dengan Konsep ‘Siapa’ Bayar ‘Apa’?

Bagi yang berkehidupan rumah tangga dengan kondisi suami-istri sama-sama berkarir tentu sudah tidak asing dengan pembagian ‘siapa’ yang bayar ‘apa’. Misalnya, duit suami untuk bayar segala cicilan hingga kebutuhan harian-mingguan-bulanan, sedangkan duit istri sepenuhnya ditabungkan. 

Cara tersebut nyatanya belum efektif karena lebih baik metode ‘slush fund’, yaitu semacam pengumpulan dana bersama untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam praktiknya, suami dan istri bersama-sama mengalokasikan penghasilannya dalam jumlah tertentu dan kurun waktu tertentu ke dalam satu akun, dimana penghimpunan tersebut akan digunakan untuk tujuan khusus yang diinginkan bersama. Untuk liburan ke luar negeri, bayar uang muka rumah atau kendaraan, dan melunasi utang misalnya.

Cara ini akan membantu Anda menjauh dari rasa beban atas siapa yang akan membayar apa – dan akan memperbesar kemungkinan tercapainya tujuan karena pemerataan pembagian. Setelah memasuki target waktu, Anda akan melihat besarnya hasil teamwork yang sudah dihasilkan dari akun bersama tersebut. Konsep ini juga membuat Anda berfikir bahwa konsep siapa bayar apa tidak seluar biasa yang diduga.

Similar articles

Comments