Kontributor 728x90

8 Tahap Mengatur Budget

Apakah Anda masih bingung dalam mengatur budget? Lakukan 8 tahapan berikut untuk mengatur budget:

1. Sadar Pentingnya Budget
Sebelum dilakukan, sadar dulu akan pentingnya. Bahwa duit yang Anda hasilkan harus punya pakem tata cara penggunaan. Niat memastikan bahwa duit Anda akan terpakai untuk apa yang benar-benar Anda butuh dan inginkan.

2. Kemarin-Kini-Nanti
Pahami dahulu bagaimana arus duit Anda sebelumnya (3 bulan terakhir), Evaluasi saat ini juga dan siapkan guidelines paling pas unduk duit masa mendatang, serta buat catatan dan tentukan tools yang akan digunakan untuk mengawal arus duit di kemudian hari.

3. Tentukan Hari dan Tanggal
Tentukan tanggal yang menjadi pakem Anda untuk mengeluarkan duit sesuai kebutuhan. Misal, tanggal membayar tagihan, tanggal belanja bulanan, tanggal berlibur, dll.

4. Kecil Untuk Hal Yang Besar
Bila sebelumnya Anda sangat tidak peduli dengan duit koin 500-an. Dalam budgeting, Anda harus mulai sadar pentingnya koin tersebut. Bukan meminta Anda agar pelit, tapi penetapan budget membutuhkan ketelitian bahkan terhadap nilai minimum sekalipun.

5. Sadar Kemampuan
Lingkungan terkadang mempengaruhi gaya hidup. Jadilah diri sendiri yang sadar dengan batas kemampuan. Jangan bermimpi memiliki barang mahal yang belum mampu Anda miliki. Tapi punya target punya barang mahal, jelas boleh. Itulah kenapa Anda memerlukan system budget, agar mampu menghasilkan barang mewah untuk Anda sendiri.

6. Bersedekahlah Untuk Diri Sendiri
Dalam menghitung budget, jangan pernah alokasikan 100% duit penghasilan sebagai pengeluaran. Seboros-borosnya, dalam mengatur budget maksimal hanya boleh menempatkan 90% duit penghasilan yang akan dikeluarkan. 10% sisanya, adalah sedekah untuk mimpi dan target Anda sendiri.

7. Jangan Hitung Yang Belum Jelas
Misalnya duit bonus, duit THR, duit angpao, atau sejenisnya yang belum jelas besaran nilai yang akan diterima, jangan masukkan dalam budget atau rencana anggaran.

8. Kantong
Hal terakhir yang perlu disiapkan adalah kantong. Bukan sebagai tempat duit, tapi menyimpan catatan kecil yang Anda bawa kemana saja. Apapun yang jadi pengeluaran, langsung dicatat meski pengeluaran untuk membayar parkir mini market yang hanya 1000 rupiah.

Silahkan mengatur budget dari sekarang.

Similar articles

Comments