Kontributor 728x90

Tidak Bisa Tentukan Skala Prioritas Duit, Bisa Bikin Masa Depan Suram


Bicara tentang goal dalam hidup, terutama perihal duit untuk masa depan, hampir semua orang punya rencana besar. Ingin punya rumah bagus, kendaraan mengkilat, dan rencana berlibur yang tidak bisa diganggu gugat. Sayangnya, tidak semua orang punya kemampuan untuk mengelola duit masa kini agar goal masa depannya bisa tercapai.

Tidak akan ada masa depan yang sesuai dengan harapan jika tidak mampu mulai mengaturnya dari kini. Lantas bagaimana caranya untuk mengubah pola aliran duit masa kini agar bisa bermanfaat di masa depan? Caranya adalah membagi duit dalam skala prioritas. Dari yang paling penting sampai yang paling bisa dikesampingkan.

Bagaimana mengetahui skala prioritas arus duit kita?! Cukup dua poin penting yang perlu Anda selalu terapkan:

1. Buat Daftar Arus Duit
Jika Anda berfikir bahwa keuangan bisa diatur dengan metode ‘alam bawah sadar’ adalah cara terbaik, maka Anda salah besar. Skala prioritas arus duit tidak bisa diatur di kepala, harus ditumpahkan dalam bentuk daftar. Alasannya sederhana, karena segala yang hanya disimpan dalam kepala, suatu saat akan dilupakan dan hal yang sudah dilupakan tidak akan terlaksana.Setelah itu, daftar yang Anda buat semestinya ditulis tangan, bukan menggunakan perlengkapan digital. Tidak usah takut dibilang ketinggalan jaman karena orang bijak pernah berkata bahwa “cara terbaik untuk mengingat adalah dengan menulis.”

2. Kemudian Urutkan Daftar Berdasarkan Penting atau Tidaknya
Setelah daftar arus duit jadi, barulah Anda bisa lebih mudah menentukan skala prioritasnya. Ingat, urutkan daftar dari yang paling dibutuhkan terlebih dahulu, bukan dari yang paling diinginkan. Kebanyakan orang gagal mengatur duit nya hingga gagal mencapai goal masa depan hanya karena mengikuti keinginan semata.Bila daftar sudah ada dan sudah dibagi dalam skala prioritas, maka Anda dengan sangat mudah dapat menghitung berapa besaran biaya saat ini yang bisa Anda keluarkan dan mana keinginan yang bisa dikesampingkan demi mewujudkan rumah bagus, kendaraan mengkilat, dan liburan yang tidak bisa diganggu gugat di masa depan.


Similar articles

Comments