Kontributor 728x90

Mengapa Perencanaan Anggaran Keuangan Anda Tidak Berjalan Lancar?


Bagian yang paling menakutkan adalah ketika kita tidak pernah benar-benar berpikir tentang bagaimana Penghasilan kita hanya mengalir dan habis sampai akhirnya datang hari gajian berikutnya. Pernahkah Anda berfikir bagaimana mengatur dan menjalankan anggaran keuangan yang baik dan benar?

Apakah setelah Anda menjalankan roda kehidupan bersama keluarga Anda yang hampir dua puluh tahun ternyata Anda masih mengalami ketidak cakap-an dalam mengatur anggaran? Coba simak penyebabnya berikut ini:

1. Kontrol pengeluaran
Mulailah dengan kontrol selama beberapa bulan laporan bank, dan apa yang dapat kita menemukan disana? Mungkin Anda baru saja menyadari bahwa Anda menghabiskan lebih dari Rp 3.000.000 per bulan hanya untuk makanan untuk dua orang dewasa dan bayi. Mungkin ini adalah indikasi pertama mengapa perencanaan anggaran Anda tidak pernah berlangsung dengan sehat.

2. Ambil tindakan dan perbaiki segera
Setelah melihat hasil menyedihkan mulailah menciptakan anggaran yang rapih, Karena anggaran makanan adalah penyebab utama dari pengeluaran besar, Putuskanlah untuk membuat perubahan drastis. Misal, pangkas biaya makanan Anda yang tadinya Rp 3.000.000 menjadi Rp 2.000.000 dan lakukan itu dengan disiplin agar anggaran tidak “Bocor”. Kemudian pangkas pengeluaran untuk restoran, Anda bisa membagi rata atau menerjemahkan rancangan anggaran untuk makanan tetap pada Rp. 2.000.000 dengan sudah termasuk budget makan diluar. Selelaraskan secara rapih antara budget makan dalam rumah dan restoran agar tetap diangka yang telah ditentukan.

3. Mulai pulihkan dan merancang anggaran yang sehat
Potong semua kebutuhan yang sekiranya bersifat tersier lainnya. Anda bisa memulai dengan meminimalisirkan budget TV satelit, langganan internet yang dipangkas atau pemakaian listrik yang sia-sia. Lakukan semuanya dengan teratur minimal enam bulan dan kemudian Anda bisa lihat perubahan baik yang terjadi di dalam anggaran keuangan Anda.


Similar articles

Comments