Kontributor 728x90

8 Tips Keuangan Untuk Dewasa Muda

Memiliki hidup nyaman dan sejahtera dihari tua menjadi idaman setiap orang. Namun bagaimana agar hal tersebut dapat terwujud? Berikut 8 tips keuangan untuk dewasa muda yang dapat Anda lakukan.

1. Belajar mengendalikan diri
Jika Anda mempunyai kebiasaan membayar semua pembelanjaan lewat kartu kredit, Anda harus merubah kebiasaan tersebut. Sebagai pertimbangan, pahami antara butuh dan ingin dalam setiap transaksi, dan usahakan penuh dalam setiap membayar tagihan kartu kredit Anda di setiap akhir bulan untuk menghindari bunga yang akan Anda tanggung.

2. Kendalikan masa depan keuangan Anda sendiri
Banyak jasa keuangan pribadi yang dapat membantu dalam pengaturan keuangan Anda, namun jika Anda dapat menanganinya sendiri dengan mempelajari buku keuangan pribadi itu akan lebih baik.

3. Tahu arus keluar uang Anda
Setelah Anda mempelajari tentang keuangan pribadi, hal yang selanjutnya penting adalah Anda mengetahui kemana arus keluar uang Anda. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar daripada pemasukan Anda.

4. Mulai menyiapkan dana darurat
Salah satu mantra dalam keuangan pribadi adalah “membayar diri Anda dahulu”. Dengan kata lain persiapkan dana masa depan untuk diri Anda. Dana masa depan yang dimaksud di sini adalah seperti dana darurat dan dana pensiun yang Anda telah tabung dan membuat Anda keluar dari masalah finansial.

5. Mulai menabung untuk pensiun dari sekarang
Semakin cepat Anda mempersiapkan dana pensiun semakin cepat Anda mencapai kesejahteraan di masa tua nanti. Sehingga bekerja akan menjadi sebuah “pilihan” bukan sebuah “keharusan”.

6. Memiliki pengetahuan tentang pajak
Sangat penting untuk memahami pajak penghasilan sebelum Anda menerima gaji pertama. Saat ini sudah banyak kalkulator online yang dapat membantu Anda dalam mengetahui berapa banyak potongan pajak yang harus ditanggung dari penghasilan Anda, sehingga Anda mengetahui seberapa besar gaji bersih yang didapat.

7. Jagalah kesehatan Anda
Jika Anda tidak memiliki asurasi kesehatan, jangan tunda lagi untuk segera mengajukannya. Anda dapat menghemat uang dengan mendapatkan penawaran dari penyedia asuransi yang berbeda untuk menemukan harga terendah. Dan juga menjaga kesehatan keseharian Anda seperti makan buah-buahan dan sayuran, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga, tidak merokok.

8. Jagalah kekayaan Anda
Jika Anda ingin memastikan semua kekayaan yang didapat dengan susah payah tidak hilang, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk melindunginya. Jika Anda menyewa tempat tinggal, mendapatkan asuransi penyewa untuk melindungi isi tempat Anda dari peristiwa seperti pencurian atau kebakaran. Asuransi cacat melindungi aset terbesar Anda (kemampuan untuk mendapatkan penghasilan) dengan menyediakan penghasilan tetap jika Anda tidak mampu bekerja untuk jangka waktu lama karena sakit atau cedera.

Similar articles

Comments